Palang Merah Internasional: CIA Melakukan Kekerasan Terorganisir


Setelah kabar mengenai berbagai kaset penyiksaan tahanan Guantanamo yang telah dihancurkan CIA menghangat, kini Palang merah Internasional (ICRC) mengungkap laporan rahasia yang membuktikan “kekerasan terorganisir” yang dilakukan terhadap tahanan dugaan ksus terorisme saat pemerintahan George W Bush di penjara CIA.

Dilaporkan The Washington Post dan dikutip Reuters, Senin (16/3/2009), laporan yang dibuat pada 2007 itu mengungkapkan tahanan itu berada di luar AS. Tak hanya penyiksaan dalam bentuk fisik, namun juga psikologis.

Washington Post mengatakan bahwa ICRC menemukan data berdasarkan kemampuan akses terhadap 14 tahanan tingkat tinggi CIA di Teluk Guantanamo yang dipindahkan tahun 2006.

Lebih lanjut dalam laporan koran tersebut dikatakan bahwa lima kopi data tersebut dibagi antara CIA dan petinggi Gedung Putih tahun 2007.

Berbagai penyiksaan dialami oleh para pejuang Muslim tersebut diantaranya digigit, tidak boleh tidur, diberi pemanas ruangan, direndam dalam air dan berbagai penyiksaan lainnya.

Selanjutnya kopi yang dibagikan tersebut sampai ke tangan Mark Danner, seorang akademisi jurnalisme, yang kemudian diterbitkan dalam New York Review of Books yang dirilis hari Ahad.

Tidak disebutkan bagaimana cara Danner mendapatkan dokumen rahasia CIA tersebut.
Pada pemerintahan Bush diketahui, CIA menggunakan taktik interogasi paksaan terhadap tahanan senior Al Qaeda setelah terjadi serangan 11 September.

Tak hanya internal AS, kebijakan perang melawan teror yang dilakukan Bush juga menuia kecaman komunitas internasional.
(muslimdaily.net/rmd/reut-ok)

%d blogger menyukai ini: