Dibalik Kebencian, Kemesraan Iran-Israel Terbongkar?


Rabu, 09/09/2009 07:44 WIB CetakKirim

Kabar burung akan adanya hubungan gelap dan perselingkuhan diam-diam antara Iran dengan Israel rupanya kian berembus semakinn kencang. Sebuah situs berita independen Iran, Jihan News, baru-baru ini memuat foto terkait isu panas yang kemudian menyulut kontroversi di khalayak luas Iran pasca pemuatannya.

Dalam foto tersebut, tampak mantan menteri ilmu pengetahuan Iran era Presiden Ahmadinejad, Muhammad Mahdi Zahiri, tengah duduk berdampingan dan terlihat “rukun” dan “mesra” di samping seorang menteri Israel Ragib Mujadalah.

Banyak pihak yang dibuat bingung dan berpikir ulang dengan tersebarnya foto tersebut. Pasalnya, masa kepemimpinan Ahmadinejad terkenal dengan retorikanya yang keras dan menghujam di hadapan Israel.

Para pejabar Iran, pasalnya, hampir setiap kali selalu menyatakan bahwa mereka tidak akan sudi berkawan dengan negara Zionis Israel, apalagi mengadakan pertemuan dengan pejabat-pejabat negaranya.

Isu dimuatnya foto tersebut kian menjadikan hawa dalam negeri Iran kian memanas. Pasalnya, dalam hari-hari ini, Ahmadinejad telah  membuat struktur kabinet barunya, dan dalam prosesi pengangkatan menteri-menterinya, Ahmadinejad “memangkas” beberapa nama (kebanyakan dari kubu reformasi) yang tak disukai oleh kubu konservatif.

Diterangkan oleh Jihan News, foto antara kedua menteri Iran dan Israel itu diambil pada medio 2008 silam, yaitu ketika keduanya bertemu di konferensi Sazami yang digelar di Yordania.

Beberapa pejabat Iran memberikan catatan terkait beredarnya foto terebut. Dikatakannya, dalam foto tersebut jelas antara meneri Iran dan Israel tidak sedang berdua-duaan, melainkan banyak pejabat negara lain yang juga berada di samping keduanya. (e-m)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: