Thailand Bergejolak, Seorang Pemuda Muslim Dibunuh dan Dibakar


Yala – Seorang pemuda Muslim tewas dan tubuhnya dibakar dalam kerusuhan mematikan terkini di wilayah mayoritas Muslim di Thailand selatan hari Sabtu, kata polisi.

Pemuda berumur 19 tahun tersebut tewas di propinsi Yala dinihari sebelum subuh, lehernya dikoyak, kata polisi Letkol Charoen Nuantong kepada para reporter.

“Tubuhnya dibakar dan ditinggalkan didekat pintu masuk kebun karet”, kata polisi itu.

Belum ada petunjuk siapa yang membunuh pemuda malang tersebut. Wilayah yang dihuni mayoritas Muslim ini sering bergejolak, dan sudah hampir 3,500 orang tewas dalam berbagai kerusuhan selama lima tahun terakhir.

Pada hari Rabu, polisi mengatakan seorang warga Budha ditembak mati di propinsi Pattani.

Yala dan propinsi tetangga seperti Pattani dan Narathiwat, berbatasan dengan Malaysia, dimana kesultanan Muslim berdiri disana sampai sekitar satu abad lalu dihancurkan oleh orang-orang Budha Thailand. Sekitar 80 persen penduduk disini adalah Muslim dan berbicara dengan dialek Melayu.

Kekerasan di wilayah selatan terjadi dalam berbagai bentuk, seperti penembakan-penambakan, pengeboman dan pemenggalan kepala. Biasanya korbannya adalah orang Budha atau Muslim yang bekerjasama dengan polisi , tentara dan pemerintah Thailand.

Tidak ada kelompok kredibel yang menyatakan bertanggung jawab atas kekerasan disana, dimana sudah diturunkan 30,000 tentara yang bertugas di wilayah yang kaya akan pohon karet tersebut, namun penjagaan oleh tentara tersebut tidak menghalangi terjadinya kekerasan disana. (M-D)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: