Banyak Perusahaan AS Larang Buka Facebook pada Jam Kerja


Lebih dari separuh perusahaan AS tak mengizinkan pegawainya membuka jejaring sosial, seperti Facebook, MySpace, atau Twitter, sewaktu mereka bekerja. Demikian hasil satu survei baru.

Lima puluh empat persen petugas penerangan (CIO) bagi 1.400 perusahaan yang disurvei di seluruh Amerika Serikat mengatakan, pekerja “dilarang sama sekali” mengunjungi jejaring sosial sewaktu mereka bekerja.

Sembilan persen mengatakan, semua pegawai diperkenankan mengunjungi jejaring sosial “hanya untuk urusan bisnis”, sementara 16 persen mengatakan mereka mengizinkan “penggunaan pribadi secara terbatas”.

Sembilan persen dari mereka yang disurvei mengatakan tak ada pembatasan mengenai kunjungan ke jejaring sosial di tempat kerja.

Survei atas 1.400 perusahaan dengan sedikitnya 100 pegawai itu disiarkan pekan ini dan dilakukan oleh satu perusahaan penelitian independen bagi Robert Half Technology, penyedia teknologi informasi profesional yang berpusat di California.

Survei tersebut memiliki margin kesalahan, kurang-lebih 2,6 persen.

Dave Willmer, Direktur Pelaksana Robert Half Technology, mengatakan, “Penggunaan laman jejaring sosial mungkin mengalihkan perhatian pegawai, jauh dari prioritas mendesak mereka, sehingga dapat dimengerti bahwa sebagian perusahaan membatasi akses karyawan mereka.”

“Namun, bagi sebagian profesi, laman ini dapat disejajarkan dengan perangkat bisnis yang efektif, yang mungkin menjadi sebab mengapa satu dari lima perusahaan mengizinkan penggunaan jejaring itu untuk urusan yang berhubungan dengan pekerjaan,” katanya. [ant/www.hidayatullah.com]

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: