MUI: Ramalan ‘Mama Laurent’ Sesat


Dukun terkenal Mama Laurent sudah membantah SMS yang berisi tentang bencana akan terjadi di Bandung, bukan berasal dari dirinya. Namun, tetap saja informasi tersebut meresahkan masyarakat. Bagaimana sikap Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyikapi beredarnya ramalan bencana seperti itu.

Sebelumnya, SMS berantai menyebar. Isinya, menurut ramalan Mama Laurent, akan ada bencana di Bandung. Kalau tidak Sabtu (14/11) ya Minggu (15/11). SMS itu menyebutkan bahwa Mama Laurent meramalkan jembatan layang Pasopati di Kota Bandung, Jawa Barat akan runtuh. Itu terjadi karena ada gempa bumi di Bandung. Kekuatannya mencapai 8 skala Richter.

Kabar itu langsung dibantah oleh Mama Laurent. Saat dihubungi melalui telepon, paranormal kondang yang sudah memasuki usia 76 tahun itu mengatakan bahwa sudah sepuluh hari dia dirawat di rumah sakit. Dan, dia tidak tahu menahu soal sms berantai yang menyebarkan isi ramalan bohong itu.

Wakil Sekretaris Komisi Fatwa MUI, Asrorun Niam mengatakan ramalan bencana yang tidak disertai dengan data-data ilmiah justru menyesatkan masyarakat. Begitu pula ramalan apa pun yang berkaitan dengan yang gaib seperti kematian, rezeki, dan kiamat, bertentangan dengan prinsip-prinsip keagamaan.

Fenomena alam yang terjadi bisa disebabkan karena kecerobohan diri sendiri, seperti membuang sampah sembarang yang mengakibatkan banjir. Namun, ada pula gejolak alam yang dianggap sebagai sunatullah, yang harus disikapi sebagai bentuk peringatan dari-Nya.

“Itu ramalan bencana tanpa disertai alasan scientis menyesatkan masyarakat dan juga secara agama tidak memperoleh kebenaran. Namun, ramalan cuaca misalnya dalam konteks ini kita mengenal ilmu astronomi. Astronomi berdasarkan scientis itu tidak masalah,” imbuh Niam.

Karena itu, Niam mengimbau agar masyarakat menjaga keseimbangan lingkungan dan alam. Hal ini perlu dilakukan agar tidak terjadi bencana akibat kecerobohan sendiri. Ingat, lanjutnya, Zat yang Maha Kuasa telah memperingatkan manusia apabila salah urus dalam mengelola alam bisa berakibat kerusakan di bumi. http://www.voa-islam.com

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: