Kiamat “2012” Mengguncang Dunia


Lihatlah ke bioskop seluruh dunia. Orang-orang berbondong-bondong mengantre untuk menonton film “2012.” Tidak hanya di Amerika dan luar negeri , di Indonesia pun sama saja. Gedung-gedung bioskop di plaza-plaza berjubel penuh sesak orang membeli tiket.

“2012” adalah sebuah film bencana yang baru dirilis dan disutradarai oleh Roland Emmerich. Didistribusikan oleh Columbia Pictures, syuting film ini dimulai bulan Agustus 2008 di Vancouver dan berakhir pada Januari 2009 atau hanya sekitar enam bulan saja, dengan biaya $260 juta.

Roger Ebert dari Rotten Tomatos, mengatakan film ini “memberikan apa yang dijanjikan, sejak tak ada orang yang akan membeli tiket yang mengharapkan sesuatu yang lain, film ini, bagi para penontonnya, adalah salah satu film paling memuaskan tahun ini.”

Sekadar gambaran, bayangkan saja baru diputar tiga hari, film yang dibintangi oleh John Cusack ini sudah meraup pendapatan sebesar US$ 225 juta atau sekitar Rp 2,1 triliun lebih! Tentu ini sebuah rekor tersendiri di tengah krisis ekonomi dunia yang sedang melanda.

Apa sebenarnya yang membuat orang rela antre siang dan malam untuk menonton film ini? Tampaknya, apapun yang berhubungan dengan kiamat 2012 saat ini selalu diburu orang. Orang-orang di seluruh dunia (mulai) ingin mereka-reka seperti apa gerangan wajah alam semesta ketika itu. Dan ala kulihal, film adalah media visual yang mungkin menggambarkannya—walau jelas sangat terbatas dan jauh dari kedahsyatan kiamat sesungguhnya.

Alasan lainnya adalah, saat ini, masyarakat dunia tampaknya ketakutan akan prediksi kiamat 2012. Diam-diam, orang-orang mencari pegangan. Ditambah dengan berbagai macam bencana dan kejadian di seluruh dunia.

Meskipun film “2012” ini memperlihatkan kehancuran sejumlah bangunan budaya dan bersejarah terkenal di seluruh dunia, hanya Ka’bah satu-satunya bangunan yang “tidak dihancurkan” dalam film ini. (e-m)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: