Setelah di Tinggal Pasukan AS, Warga Kaki Tangan AS Di Irak Mulai di Habisi Warganya Sendiri


FALLUJAH (SuaraMedia News) – Sinan al-Halabsa, 51, merencanakan untuk meninggalkan Fallujah setelah tentara AS menarik diri dari 25 pangkalan di wilayah tersebut, meninggalkan hanya 3 pangkalan yang tidak berhubungan dengan penduduk lokal.

Al-Halabsa, seorang pemimpin suku, telah menerima ancaman kematian dari penduduk setempat dan kelompok-kelompok militan sejak AS menarik diri dari wilayah itu pada pertengahan 2009 karena dukungannya untuk “musuh” selama dua tahun.

“Ketika saya memutuskan untuk mendukung pasukan AS, saya mengharapkan negara yang lebih baik, bebas dari teroris manapun,” katanya kepada IslamOnline.net.

“Saya bergabung dengan Dewan Kebangkitan berharap untuk mengusir kelompok yang menyerang warga sipil tak berdosa dari Anbar, tetapi semua upaya ini tidak dilihat dengan baik oleh penduduk setempat dan tidak dihargai oleh AS.”

Dewan Kebangkitan, atau kelompok-kelompok Sahwa, adalah kelompok paramiliter Sunni pro-pemerintah lokal yang memainkan peran penting dalam mengalahkan para militan yang ekstra tangguh.

Para pejuang, bekerja dengan dan didanai oleh tentara AS, mampu mendorong militan asing dari beberapa benteng di daerah berpenduduk Sunni.

“Sejak Dewan Kebangkitan dibentuk, niat kami adalah untuk membantu semua orang Irak, tapi sepertinya kami berubah menjadi penyerang,” kata Al-Halabsa.

Seperti banyak pemimpin Kebangkitan, ia telah menerima ancaman kematian.

“Saya harus mengirim keluarga saya ke Baghdad dan segera mereka akan pergi ke luar negeri,” katanya.

Irak tidak lagi aman bagi kami.”

Al-Halabsa tinggal di sebuah rumah besar di Fallujah dengan dua pengawal, seorang tukang kebun dan pembantu rumah tangga

Dia tidak meninggalkan rumah karena mobilnya dibakar pada dua bulan yang lalu saat mengunjungi sepupunya di pusat kota.

“Saya akan segera kehabisan uang dan tidak akan mampu menyewa pengawal. Saya hanya berharap untuk dapat meninggalkan negara itu sebelum keluarga saya juga kehilangan dukungan mereka.”

Al-Halabsa merasa dikhianati oleh Amerika.

“Mereka pergi, mereka membalikan punggungnya kepada kami dan tidak khawatir bahwa kami akan ditinggalkan tanpa perlindungan dan dengan ribuan musuh,” dia kesal.

“Jika kami membantu untuk membawa lebih banyak keamanan provinsi Anbar, sekarang kamilah yang menderita konsekuensinya, tanpa siapa pun untuk merawat kita.”

“AS telah mengkhianati kami,” kata Al-Halabsa.

“Mereka menjanjikan perlindungan dan sekarang kami ditinggalkan untuk menerima konsekuensi yang seharusnya mereka tanggung bersama kami.”

Ibraheem al-Dulaimi, yang dulu bekerja sebagai penerjemah bagi pasukan AS di Anbar, mengalami dilema yang sama.

“Ketika saya memutuskan bekerja sebagai penerjemah bagi pasukan AS di Anbar saya mendapat banyak janji-janji dan di antaranya adalah bahwa saya akan aman setelah mereka meninggalkan negara ini,” katanya kepada IOL.

“Saya diberitahu bahwa jika keamanan saya berada dalam bahaya, saya akan dibantu untuk meninggalkan negara itu.”

Al-Dulaimi sekarang sedang dipaksa untuk meninggalkan rumahnya dan tak satu pun dari teman-teman lama ASnya ada untuk membantu.

“Saya akan harus meninggalkan rumah saya dengan keluarga saya dan mencari tempat yang aman di Kurdistan.”

Pemuda Irak itu merasa dikhianati oleh AS.

“Saya sudah terbiasa seperti kebanyakan warga Irak di bawah situasi yang sama. Pemimpin suku, penerjemah, sopir, atau siapa saja yang suatu hari terlihat dengan tentara Amerika, sekarang adalah musuh-musuh penduduk setempat dan sasaran yang sempurna bagi kelompok-kelompok perlawanan.

“Saya hanya meminta untuk beberapa hari tambahan sebelum saya menyiapkan semua barang-barang saya dan meninggalkan Ramadi tanpa melihat ke belakang.”

Abu Ahmed, yang menolak untuk memberikan nama lengkap untuk alasan keamanan, tidak begitu beruntung.

“Putra saya yang berusia 23 tahun berusia diculik dua minggu setelah pasukan AS meninggalkan kawasan tersebut dan uang sebesar AS $ 20,000 diminta sebagai tebusan,” katanya kepada IOL.

“Dia membayar untuk sesuatu yang dia tentang sejak saya mulai bekerja dengan AS,” seru sang ayah.

“Saya seharusnya menjadi yang terbunuh, bukan dia.”

Abu Ahmed membawa keluarganya ke Baghdad dan mereka berencana untuk melarikan diri dari negeri itu setelah menjual rumah mereka.

Ia mencoba untuk meminta dukungan dari AS tetapi justru diberi tanggapan dingin.

“Mereka mengambil keuntungan dari kami. Kami memberi mereka perlindungan dan mendukung mereka bila diperlukan. Inilah yang kami dapatkan dari mereka.” (iw/io)

“Saya membayar uangnya beberapa jam setelah saya menerima telepon dan dua hari terakhir tubuhnya ditemukan dengan kepala terpenggal di pinggiran Ramadi dengan pesan yang ditulis di tubuhnya: ’Anak seorang pengkhianat.’” (s-m)

Tinggalkan Balasan

